Ayu Komala Sari ^^. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Hidroponik


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

Hidroponik adalah suatu cara pembudidayaan tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media pertumbuhan, jadi media tanah diganti dengan arang sekam/pasir.
Karena media yang digunakan bukan tanah yang memiliki unsur hara yang berupa zat-zat penting bagitumbuhan nutrisi yang diperlukan tanman berbentuk larutan.
Hidroponik memiliki keunggulan yaitu tidak memerlukan lahan yang luas jadi bisa dijadikan alternatif untuk bercocok tanam bagi yang tidak memiliki lahan yang luas (Anonim,2010)

1.2  Tinjauan Pustaka
Budidaya tanaman secara hidroponik berarti budidaya tanaman tanpa lahan tetapi menggunakam media seperti bak air, polibeg berisi media pasir, media batu,atau media campuran tanah-pasir-pupuk kandang.
Pada budidaya tanaman hidroponik pemberian nutrisi tanaman tidak dalam bentuk pupuk tetapi diberikan dalam bentuk larutan siap pakai.(Usman,2011)

1.3  Tujuan percobaan
tujuan praktikum ini adalah untuk melatih mahasiswa membuat pupuk daun atau larutan hidroponikdan mengevaluasi pengaruh larutan hidroponik terhadap pertumbuhan tanaman holtikultura yang di tanam secara hidroponik.














BAB II
BAHAN DAN METODE

2.1 Bahan  dan Alat Praktikum
      Bahan tanaman yang diperlukan pada praktikum ini adalah benih kangkung darat yang memiiliki viabilitas tinggi. Bahan kimia yang diperlukan pada praktikum ini meliputi NPK, kapur pertanian (dolomite), larutan stok unsure hara makro, larutan stok unsur hara mikro, dan ZPT.

2.2 Metode Praktikum
      Pada acara praktikum ini ada dua kegiatan utama yang dilakukan yaitu: meracik larutan hidroponik dan menguji larutan hidroponik pada tanaman budidaya.  Formula larutan hidroponik yang akan dibuat adalah UKJ-1,UKJ-2, dan UKJ-3. Dengan prosedur yang telah ditentukan.



BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN

3.1 Hasil
     

Sampel
Air
pasir
tanah
Minggu 1
1
-
-
-
II
-
-
-
III
-
-
-
Minggu 2
1
Pucuk menguning
Daun pucuk menguning
mati
II
Daun pucuk menguning
Mati
-
III
-
Daun layu semua
-
Minggu 3
1
Daun masih hijau bertambah pada setiap ketiak daunnya
Mati
Mati
II
Daun pucuk mati dan sebagian daun menguning
Mati
Mati
III
Daun pucuk mati dan sebagian daun menguning
mati
mati
Minggu 4
1
Daun menguning
-
-

II
Mati pucuk daun menguning
-
-

III
Mati pucuk daun menguning














3.2 Pembahasan
      Tumbuhan dan tanaman sangat membutuhkan unsur hara untuk pertumbuhan dan perkembangannya demi kelangsungan hidupnya. Unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman yaitu unsur hara makro seperti : C, H, O, N, S, P, K,Ca,Mg dan unsur hara mikro misalnya : Cl, Mn, dan Fe,Zn,B,Cu,Mo. semua unsur hara tersebut harus dapat dipenuhi oleh tanaman, apabila tidak tercukupi atau kekurangan salah satu unsur hara maka tanaman akan menampakkan tanda-tanda tanaman tersebut kekurangan atau defisiensi.
Seperti yang telah dilakukan pada  acara praktikum ini bahwa tanaman kekurangan unsure hara sehingga tidak dapat tumbuh dengan baik atau tidakk bias menyelesaikan sikus pertumbuhannya.




BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1 Kesimpulan
Ø Bila pada tanaman mengalami kekurangan unsur hara maka tanaman akan memperlihatkan tandanya seperti menguningnya daun atau layu yang lama kelamaan akan mati.
Ø Unsur hara esensial harus diserap oleh tanaman bila tidak maka akan terjadi defisiensi pada tanaman dan tidak dapat diganti dengannunsur yang lain.
Ø Tanaman apabila kekurangan dari salah satu saja unsure hara yang esensial maka akan menghmbat dalam proses perkembangan dan pertumbuhannya

4.2 Saran
Setiap praktikan seharusnya tepat waktu dan tertib baik pada saat praktikum maupun pengamatan.

DAFTAR PUSTAKA

Anonim.2010. Hidroponik. http://www.scribd.com/doc/56987991/Hidroponik.Tanggal Tanggal akses 18 desember 2011 pukul 15.39
K.J.S.Usman. 2011. Penuntun Praktikum Dasar-Dasar Fisiologi Tanaman. Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Bengkulu


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar